-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kukuhkan MAN 3 Tasikmalaya Sebagai Sekolah yang Hebat dan Berprestasi, Humas MAN 3 Tasikmalaya Bangun Jejaring Sosial Dengan Berbagai Elemen

Kamis, 15 Agustus 2024, Kamis, Agustus 15, 2024 WIB Last Updated 2024-08-22T01:12:01Z

Kepala MAN 3 Tasikmalaya, Drs.Undang Johari, Camat Kecamatan Ciawi, Winardi Hidayat, S.IP. M.Si, Wakasek Humas, Dra. Hj.Eti Rohaeti, M.Pd, di dampingi tim media dari Siswa MAN 3 Tasikmalaya.

TINDAK, TASIKMALAYA-Ditengah persaingan dunia pendidikan yang semakin ketat, baik dari kualitas pendidikan dan kuantitas siswa, Wakasek Humas MAN 3 Tasikmalaya (Madrasah Aliyah Negeri 3 Tasikmalaya), Dra.Hj.Eti Rohaeti.M.Pd, pada tahun ajaran 2024-2025, dengan sigap melakukan terobosan yang progresif untuk membangun jaringan sosial dengan berbagai elemen masyarakat, terutama dengan pihak Muspika Kecamatan Ciawi, Polres Kota Tasikmalaya, BNN, KPAID, dan Dinas Kesehatan, juga menjalin kerjasama dengan Pondok Pesantren, bahkan kerjasama dengan lingkungan setempat RT, RW, Ketua Wilayah, Karang Taruna dan Kepala Desa Pakemitan kota.


Tentunya hal ini ditempuh sebagai upaya penguatan bagi lembaga pendidikan berbasis madrasah, agar eksistensinya benar benar diakui oleh masyarakat sebagai lembaga pendidikan formal yang handal, berkualitas dan berprestasi.


Dra.Hj.Eti Rohaeti, M.Pd yang menyelesaikan S1 Prodi Biologi nya di Universitas Pasundan, Bandung, dan mengambil S2 Prodi Biologi di Universitas Siliwangi ini, kiprahnya selama 30 tahun di MAN 3 Tasikmalaya dimulai sebagai guru Bidang Biologi. Terus menjadi ketua BK (Bimbingan dan Konseling), dan sekarang dipercaya sebagai Wakasek Humas.


Menurut Wakasek Humas yang energik ini, ia sudah menyiapkan program yang akan dilaksanakan pada Semester 1 dan Semester 2 tahun ajaran 2024. Pada Semester Satu setelah berkunjung kepada Camat Ciawi, dan mengundangnya untuk berkunjung ke MAN, dimana tema kunjungan Camat Ciawi adalah "Generasi Masa Kini adalah Pemimpin Bagi Masa Depan". 


Menurutnya, Camat Ciawi sangat kagum dan bangga atas prakarsa yang baru dilakukan oleh pihak Sekolah MAN 3 Tasikmalaya ini. Apalagi Camat Ciawi bisa melihat sendiri bagaimana hebatnya lembaga MAN 3 Tasikmalaya, baik dari jumlah Siswa, tenaga pengajar, kurikulum, sarana prasarana dan infrastruktur bangunan yang cukup megah.


Selanjutnya untuk bulan September Minggu pertama akan menggandeng pihak Koramil untuk memimpin upacara bendera, dimana para Siswa akan diberi pembinaan dan disiplin dalam kesadaran berbangsa dan bernegara. Tuturnya lagi, ia berharap agar anak anak didiknya itu memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang kuat, sehingga tertanam dalam jiwa nya itu, bahwa "NKRI Milik Pribadi". Sehingga mereka cinta dan bangga berbangsa dan bernegara Indonesia ditengah arus globalisasi budaya luar yang tidak bisa ditangkal, ditambah memasuki era digitalisasi dengan  jaringan internet yang masip menembus batas dalam ruang kehidupan sehari hari.


Paparnya lagi, masih dalam semester satu, untuk program bulan Oktober Minggu pertama, pihak Sekolah akan menggandeng pihak Polsek Ciawi. Para Siswa pada momen itu akan diberi pemahaman agar sadar hukum, seperti disiplin berlalu lintas di jalan raya. Supaya taat dan patuh dalam berlalu lintas demi keselamatan mereka di jalan saat mengendarai kendaraan.


Sedangkan untuk kerjasama dengan tingkat Kabupaten Tasikmalaya, Humas MAN 3 Tasikmalaya akan menggandeng Dinas Kesehatan, dimana pada Semester 1 akan menyelenggarakan Seminar tentang Kespro (Kesehatan dan Reproduksi), dimana akan mengundang dari YKI (Yayasan Kanker Indonesia), dengan narasumber nya Dokter Kandungan. Dari kegiatan Seminar ini penting sekali bagi para remaja putri sebagai calon ibu untuk menjaga diri agar terjaga dari penyakit dan mengetahui tentang kandungan yang sehat dan aman.


Memungkasi pembicaraan, untuk Semester Kedua, ia akan mengadakan Seminar tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan Miras, dimana akan menggandeng Kasat Narko Polres Kota Tasikmalaya dan BNN(Badan Narkoba Nasional). Dari kegiatan itu sangat penting, agar anak anak didik sebagai bunga bangsa tidak terjerumus kedalam Narkotika dan minuman keras yang bisa menghancurkan masa depan nya.


Masih dalam Program pada semester ke 2, dilakukan juga kerjasama dengan KPAI, Ketua APDESI Kecamatan Ciawi, Puskesmas Ciawi, dan MUI. Bahkan menurutnya lagi bukan saja menjalin kerjasama dengan eksternal sekolah tetapi bekerjasama dengan semua pihak internal sekolah, untuk menjaga sinergitas dan kondusifitas, demi kemajuan MAN 3 Tasikmalaya yang berada di wilayah Tasikmalaya Utara.


Sungguh ini merupakan program yang sangat baik dan progresif. Patut diapresiasi, karena sebagai upaya yang komprehensif dalam mendidik, membina, mengasuh dan menjaga 1400 Siswa Siswi yang menempati 38 Rombel di MAN 3 Tasikmalaya.


Ditanya tentang sinergitas antara Humas dengan Kepala Sekolah, terutama dukungannya terhadap program program yang akan diselenggarakan, Wakasek Humas yang energik dan dekat dengan Media ini menjelaskan, bahwa Drs Undang Johari sebagai Kepsek sangat mendukung sekali, bahkan sangat mengapresiasi nya.

Ternyata Wakasek Humas yang satu ini tidak alergi terhadap Pers. Ia sangat Wellcome dan terbuka. Memang posisi Humas sangat singkron dengan insan Pers, sepanjang insan Pers itu sebagai mitra yang ikut melakukan perbaikan dengan edukasi, motivasi, kontrol yang konstruktif demi kemajuan pendidikan yang bermutu di Sekolah.***Daudi

Komentar

Tampilkan

  • Kukuhkan MAN 3 Tasikmalaya Sebagai Sekolah yang Hebat dan Berprestasi, Humas MAN 3 Tasikmalaya Bangun Jejaring Sosial Dengan Berbagai Elemen
  • 0

Terkini