-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Warga Desa Jatihurip Kecamatan Cisayong Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 H dengan Pawai Obor

Minggu, 07 Juli 2024, Minggu, Juli 07, 2024 WIB Last Updated 2024-07-07T00:27:40Z

Tasikmalaya.MediaTindak.com-Setiap tanggal 1 Muharram, umat Muslim diseluruh dunia memperingatinya sebagai tahun baru Islam. Peringatan ini juga dapat dijadikan momentum bagi umat muslim untuk bermuhasabah diri dan berhijrah menjadi pribadi yang lebih baik.


Tahun Baru Islam berdasarkan kalender Hijriah yang diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag RI, 1 Muharam 1446 Hijriah bertepatan dengan hari Minggu. Tepatnya, pada 7 Juli 2024 Masehi.


Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446, Warga Desa Jatihurip Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, pawai obor dengan berjalan kaki sekitar 7 km, dengan pengamanan Muspika dan Panitia setempat, hampir keseluruhan warga Jatihurip mengikuti pawai obor dengan kebersamaan.


Kepala Desa Jatihurip, Ilyas Ghazali Parikesit,ST, turun ke jalan hadir memeriahkan pawai obor dan berbaur dengan masyarakat peserta pawai obor yang meriah, meski dibalut cuaca dingin yang mencucuk kulit.

 "Harapan saya, saya kan pertama kali menjadi kepala desa, dengan ada nya Pawai obor ini, merupakan salah satu bentuk perayaan yang dilakukan oleh umat muslim, dalam menyambut tahun baru Hijriyah, tradisi ini memiliki makna simbolik dimana api yang menyala dalam obor melambangkan cahaya, pengetahuan, dan petunjuk ditengah kegelapan," kata Kepala Desa.

"Mudah-mudah untuk semua umat muslim di seluruh dunia tahun baru ini menjadi lebih baik, meneladani 4 sifat Nabi dan Rasul, yakni Siddiq atau berkata jujur, Amanah atau dapat dipercaya, Tabligh atau menyampaikan (hal-hal baik atau ajaran Islam), dan Fathanah atau cerdas serta sifat-sifat terpuji lainnya yang terkandung dalam ajaran Islam yang luhur dan mulia," papar Kepala Desa Jatihurip kepada Media TINDAK*** Jeri

Komentar

Tampilkan

  • Warga Desa Jatihurip Kecamatan Cisayong Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 H dengan Pawai Obor
  • 0

Terkini