-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Menggali Potensi Ekonomi Kreatif Dari Desa Wisata Guranteng

Sabtu, 02 Desember 2023, Sabtu, Desember 02, 2023 WIB Last Updated 2023-12-02T03:00:56Z


TINDAK,KABUPATEN TASIKMALAYA
-Tidak mudah untuk membangun sebuah kawasan untuk dijadikan sebagai Destinasi Wisata yang diakui oleh pemerintah dan masyarakat luas. Perlu kerja keras, keuletan, dan kecerdasan dari seorang yang berjiwa enterpreuner. Bukan hanya ditunjang oleh Sumber Daya Manusia yang hebat, tapi harus memiliki modal dan Sumber Daya Alam yang memadai.

Hal ini mengemuka dari acara, " Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pelaku Pariwisata Desa Guranteng" yang diselenggarakan di Aula Wahana Alam Parung, Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, pada Jum'at(1/12/2023).


Hadir dalam acara itu Sekdis Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Sudrajat, Muspika Pagerageung, Kepala Des Guranteng Endang Bahrum, aparat desa, dan para Kodarwis Desa Wisata Guranteng.

Sebagai pelopor Desa Wisata di Tasikmalaya Utara, Kades Guranteng Endang Bahrum.,S.Pdi, pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas dukungan dari semua pihak sehingga Desa Guranteng menjadi Desa Wisata yang diakui oleh pemerintah. Dalam pidato yang menurutnya sebagai pidato terahir dipenghujung masa jabatannya sebagai Kepala Desa yang sebentar lagi akan berahir, ia pun mengamanatkan kepada penerus dan semua masyarakat Desa Guranteng untuk bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah diraihnya selama ini

"Kita harus bangga dan bersyukur bahwa Desa Guranteng yang dulu sebagai Desa terbelakang, kini sudah mendapat predikat sebagai Desa Berkembang. Terlebih kita sudah menjadi Desa Wisata di Tasikmalaya dengan penghargaan yang prestisius," kata Endang Bahrum bersemangat

"dari 351 Desa di Kabupaten Tasikmalaya, Desa Guranteng terpilih sebagai Desa penerima SK Desa Wisata dari Bupati Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan mendapat Anugerah Desa Wisata Indonesia dari Kementerian Pariwisata dan Ekraf, juga masuk 20 besar Desa Wisata BCA Award tahun 2021(Des Wisata Kreatif)," paparnya lagi.


Sementara Sekdis Dinas Pariwisata, Dodi Sudrajat, saat diwawancarai mengatakan, Desa Guranteng harus bangga dengan predikat Desa Wisata yang sudah dicapainya dengan susah payah, karena untuk meraih sebagai Desa Wisata tidak mudah. Tentunya melalui parameter dan attitude yang ketat dan selektip. Makanya harus lebih ditingkatkan lagi kejenjang yang lebih tinggi. Sehingga diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat dengan tingkat kesejahteraan yang tinggi.


"Let's go travelling Desa Wisata Guranteng" . Banyak Destinasi Wisata di Desa Wisata Guranteng, yang paling terkenal yaitu Wahana Alam Parung dan Pasir Kirisik, juga ada 12 spot potensi wisata lainnya, selain sebagai sentra Sapi perah di Priangan Timur.


Selama ini Desa Wisata Guranteng yang posisinya terletak di Tasikmalaya Utara, untuk mengembangkan sektor Pariwisata nya menggandeng beberapa perguruan tinggi seperti UI, ITB, STPB, UNIPER, UNPAD, dan UNISBA. Bahkan dengan DPRD, dan pelaku usaha(businesman). Juga komunitas masyarakat seperti Kodarwis (Komunitas Sadar Wisata).***DAD/ES


Komentar

Tampilkan

  • Menggali Potensi Ekonomi Kreatif Dari Desa Wisata Guranteng
  • 0

Terkini