-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Terlepas Dari Baunya Yang Menyengat - Jengkol Bermanfaat Sekali Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 18 September 2023, Senin, September 18, 2023 WIB Last Updated 2023-09-18T03:18:37Z


TINDAK-
Ternyata buah Jengkol mengandung zat besi, yang sangat penting untuk membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Untuk itu bila sering mengkonsumsi jengkol, kita dapat membantu menjaga kesehatan darah dan menghindari gejala kekurangan zat besi.


Seperti diketahui buah jengkol merupakan salah satu buah yang disukai karena buah jengkol selalu dan sangat mengundang selera makan, selain itu buah jengkol juga memiliki banyak manfaat, dan kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin.


Oleh karena itu, bila mengonsumsi  jengkol setiap hari dengan porsi yang cukup, maka bisa mencegah penyakit jantung. Karena, kandungan  vitamin memiliki manfaat yang bisa membantu melancarkan peredaran darah. Saat peredaran darah lancar, tidak akan terjadi penyumbatan akibat plak yang menempel di pembuluh darah.


Para ahli kesehatan gizi menganjurkan makanlah jengkol dengan porsi kecil hingga sedang (sekitar 10-30 gram setiap porsi), dan disarankan jangan makan jengkol berlebihan.

Untuk itu terlepas dari aromanya yang menyengat, jengkol ternyata menyimpan banyak manfaat. Manfaat jengkol sendiri ternyata sudah banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan.”


Menurut kepercayaan masyarakat, jengkol dapat membantu mengatasi gejala diabetes. Daun jengkol tua yang dibakar dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal-gatal.


Buah Jengkol atau istilah latinnya Archidendron jiringa, pohon jengkol sering ditemukan di berbagai daerah di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, hingga Indonesia.

Pohon jengkol mempunyai tinggi sekitar 18-25 meter (m) dengan bentuk daun menyirip ganda sepanjang 25 sentimeter (cm).


,Kandungan gizi buah jengkol dari setiap 100 gram (g) adalah sebagai berikut :


Air: 52,7 gram (g).

Energi: 192 kkal.

Protein: 5,4 g.

Lemak: 0,3 g.

Karbohidrat (CHO): 40,7 g.

Serat: 1,5 g.

Abu (ASH): 0,9 g.

Kalsium (Ca): 4 miligram (mg).

Fosfor (P): 150 mg.

Besi (Fe): 0,7 mg.

Natrium (Na): 60 mg.

Kalium (K): 241 mg.

Tembaga (Cu): 0,30 mg

Seng (Zn): 0,6 mg.

Thiamin (Vit. B1): 0,05 mg.

Riboflavin (Vit. B2): 0,20 mg.

Niasin: 0,5 mg.

Vitamin C: 31 mg.


Ternyata jengkol mempunyai berbagai kandungan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral, jengkol dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian.


Sumber Dari Berbagai Literatur Pengetahuan Dan Pustaka Pribadi.


Iwan Singadinata.

#semuaorang

#pecandubuahjengkol

#parapetanijengkol

Komentar

Tampilkan

  • Terlepas Dari Baunya Yang Menyengat - Jengkol Bermanfaat Sekali Bagi Kesehatan Tubuh
  • 0

Terkini