-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Menyambut Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Ke - Tahun 2023

Jumat, 29 September 2023, Jumat, September 29, 2023 WIB Last Updated 2023-09-29T00:25:56Z


KABUPATEN TASIKMALAYA.TINDAK-
Pada hakikatnya prinsip-prinsip Pancasila perlu dijaga dalam seluruh aktivitas negara. Lima nilai universal dasar setidaknya terkandung dalam Pancasila, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, kebinekaan, demokrasi, dan keadilan sosial.


Pancasila sudah teruji dapat mempersatukan seluruh keragaman tanpa menghilangkan keragaman itu sendiri. Namun akhir-akhir ini,ada kelompok tertentu yang merasa paling benar, merasa paling terbaik, menganggap dan menghinakan serta merendahkan bangsa pribumi seakan-akan budak- budak dari mereka. Dan inilah hal yang sangat menyedihkan bagi kita semua sebagai warga bangsa yang beradab dan berbudaya. Akankah Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa menjadi luntur karenanya.


Seperti diketahui, Pancasila menjujung tinggi dan mempersatukan keberagaman di negeri Nusantara dengan memberikan pandangan hidup, nilai-nilai luhur, pedoman hidup, norma, hukum, aturan dalam berperilaku yang sama, dari segala perbedaan yang ada pada masyarakat.


Pancasila juga sebagai "staats fundamental norm", harus diletakkan sebagai dasar asas dalam mendirikan negara sehingga sifatnya memang tidak bisa diubah. Bahkan hukum di Indonesia tidak membenarkan adanya perubahan Pancasila. Hal ini karena Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum atau hukum dasar di Indonesia.


Maka dari itu, Pancasila dari awal sampai kapanpun  Pancasila, disetiap zaman apapun. Sudah Tentu Pancasila tetap masih relevan dan takkan pernah luntur bagi kita sebagai anak bangsa yang hidup dibumi tercinta ini, dan bukan hanya sekedar ideologi, tetapi Pancasila juga merupakan kesepakatan yang dibuat dengan melihat pandangan-pandangan masyarakat Indonesia terhadap semua sendi dan aspek kehidupan yang ada dimasyarakat Nusantara.


" Keabadian Pancasila Selamanya Terukir & Terpatri Dalam Hati Sanubari Bangsa Yang Bhinneka Tunggal Ika "

**Iwan Singadinata 

Sumber Dari Berbagai Literatur Pengetahuan Dan Pustaka Pribadi.


Iwan Singadinata.

#semuaorang

#kominfokabupatentasikmalaya

#humaskabupatentasikmalaya

#humasdetwandprdkabupatentasikmalaya

Komentar

Tampilkan

  • Menyambut Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Ke - Tahun 2023
  • 0

Terkini