-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Intip Latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Tingkat Kabupaten

Senin, 14 Agustus 2023, Senin, Agustus 14, 2023 WIB Last Updated 2023-08-13T22:18:31Z


KABUPATEN TASIKMALAYA, TINDAK-
Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI  Ke-78, pada 17 Agustus 2023 hanya tinggal beberapa hari lagi. Tetapi tidak ada salahnya sebelumnya kita terlebih dahulu mengetahui, mulai kapan berdirinya *Paskibraka. Paskibraka pertama kali, disaat Presiden Republik Indonesia, Soekarno, memproklamirkan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur, Jakarta. 


Dalam pelaksanaan untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat kabupaten/kota, memiliki tinggi badan pelajar putra paling rendah 165 cm dan paling tinggi 180 cm dan pelajar putri paling rendah 160 cm dan paling tinggi 175 cm yang dinyatakan dalam surat keterangan sehat dari fasilitas pelayanan kesehatan setempat.


Sedangkan untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat pusat dan provinsi memiliki tinggi badan pelajar putra paling rendah 170 cm dan paling tinggi 180 cm dan pelajar putri paling rendah 165 cm dan paling tinggi 175 cm yang dinyatakan dalam surat keterangan sehat dari fasilitas pelayanan kesehatan setempat.


Syarat-syarat dan ketentuan lainnya, seperti berikut :

-Warga Negara Indonesia (WNI)

-Calon Paskibraka adalah pelajar kelas 10 dengan minimal usia 15 tahun sampai dengan 19 tahun.

-Melampirkan surat izin tertulis dari kepala sekolah

-Mendapat persetujuan tertulis dari orang tua/wal

-Mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan -Kesediaan Mematuhi Peraturan Pembentukan dan Pelaksanaan tugas Paskibraka Tahun 2023.

-Nilai akademik minimal berkategori baik.

-Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan setempat.

-Memiliki berat badan ideal.

-Memiliki bentuk kaki 0 (O been) dengan ekstremitas paling banyak 5 cm, bentuk kaki X (X been) dengan ekstremitas paling banyak 5 cm, dan tidak memiliki bentuk telapak kaki datar (flat foot).

-Telah memperoleh vaksinasi Covid-19.


Penulis melihat secara langsung para anggota paskibraka tingkat kabupaten yang sedang melaksanakan latihan di lapangan upacara Gedung Sekretariat Daerah, pada jam 13.00.WIB, dari Tim Pelatih BRIGIF 13/GALUH KOSTRAD, padahal cuaca siang hari cukup panas dari teriknya Cahaya Matahari yang memuncak.

Anggota Paskibraka terdiri dari berbagai sekolah menengah atas/kejuruan dan aliyah yang ada Di-kabupaten dan telah lulus seleksi. 


Namun tak seorangpun yang mengeluh, mereka terlihat  semangat dan antusias, barangkali hanya satu yang tertanam dalam dadanya, demi suksesnya acara peringatan HUT Kemerdekaan  pada hari (H) tanggal 17 Agustus nanti.


Menurut salah seorang anggota BRIGIF, pada tahun ini yang menjadi Penanggung jawab Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat kabupaten di Tasikmalaya adalah :

"Dan Brigif 13  Galuh Kostrad. Kolonel (INF. Jimmy Tumpal Parmonangan Sitinjak."


Secara keseluruhan pasukan pengibar bendera pusaka sebanyak 68 orang, terdiri dari Kelompok 17, Kelompok 8, dan Kelompok 45, dan 6 orang pelatih dari anggota Kostrad. imbuhnya.***

Sumber Dari Instagram resmi BPIP @bpipri.

Iwan Singadinata.

#bupatitasikmalaya

#danbrigif13galuhkostrad

#sekdakabupatentasikmalaya

#dinasparawisatapemudadanolahragakabupatentasikmalaya

#kominfokabupatentasikmalaya

#humaskabupatentasikmalaya

#semuaorang

Komentar

Tampilkan

  • Intip Latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Tingkat Kabupaten
  • 0

Terkini