-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

RSUD CIAMIS : "LAWAN STIGMA KESEHATAN MENTAL !"

Tindak Online
Sabtu, 22 Juli 2023, Sabtu, Juli 22, 2023 WIB Last Updated 2023-07-26T12:59:55Z

MEDIATINDAK.COM, Ciamis - Stigma terhadap pasien dengan gangguan jiwa selama ini masih sangat buruk, banyak kejadian yang tidak diharapkan disebabkan karena stigma negatif terhadap pasien gangguan jiwa baik terhadap pasiennya sendiri maupun terhadap keluarganya.


Beberapa dilaporkan seperti pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang masih di pasung oleh keluarganya, bahkan ada seorang anak yang bunuh diri karena diejek teman-temannya tentang keluarganya yang ODGJ.


Berangkat dari hal tersebut, RSUD Ciamis melalui Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan bagi pengunjung RSUD Ciamis, yang dilaksanakan pada Hari Kamis, Tanggal 20 Juli 2023, bertempat di Ruang Tunggu Poliklinik RSUD Ciamis. Dengan kegiatan tersebut, ingin mengajak masyarakat agar dapat melawan stigma kesehatan mental dengan baik melalui edukasi yang diberikan oleh Psikiater dr. Andi Fatimah Yuniasari Sp.KJ.


Pada kesempatan tersebut, dr. Andi Fatimah, menyampaikan agar stigma ini jangan lagi ada di masyarakat kita karena stigma ini akan menjauhkan dari penanganan terbaik yg bisa didapatkan. Dengan penanganan yang benar, ODGJ dapat kembali bersosialisasi di masyarakat, bahkan berperan aktif dan berkarya.


Kegiatan ini disambut baik oleh pengunjung RSUD Ciamis. Dialog interaktif dengan narasumber berlangsung hangat sepanjang acara. Direkur RSUD Ciamis, dr. H. Rizali Sofiyan, MM., mengapresiasi kegiatan tersebut. Dengan adanya acara ini, diharapkan stigma terhadap ODGJ makin lama makin berkurang bahkan tidak ada lagi sehingga Support system - nya pun menjadi lebih baik agar pasien bisa kembali pulih lebih cepat, pungkasnya. 

Sumber : Diskominfo Ciamis

(Red)


Komentar

Tampilkan

  • RSUD CIAMIS : "LAWAN STIGMA KESEHATAN MENTAL !"
  • 0

Terkini