-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Menjelang Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya, Sebaiknya Pendopo Lama Diserahkan Ke Pemerintah Kota

Sabtu, 15 Juli 2023, Sabtu, Juli 15, 2023 WIB Last Updated 2023-07-15T15:50:29Z


KABUPATEN TASIKMALAYA.TINDAK.COM-
Berdasarkan PP No. 30 Tahun 2004 tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Tasikmalaya Dari Wilayah Kota Tasikmalaya Ke Singaparna Di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya [JDIH BPK RI].


Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya, mengacu pada masa berdirinya pemerintah Kerajaan Sukapura di Sukaraja tanggal 26 Juli 1632, Sultan Agung mengangkatnya Rd. Wirawangsa menjadi Tumenggung Wiradadaha (Bupati) pertama yang berkedudukan di Sukaraja.


Berdasarkan PP No. 30 Tahun 2004 tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Tasikmalaya Dari Wilayah Kota Tasikmalaya Ke Singaparna Di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya [JDIH BPK RI]. Setelah dipecah menjadi 2 (dua), pemerintah kabupaten Tasikmalaya dengan ibu kotanya di Singaparna dan pemerintah Tasikmalaya kota.


Sebetulnya bagi yang mengetahui sejarah sistem pemerintahan kerajaan Sukapura, permasalahan pemerintahan berada di Sukaraja, sedangkan mengenai perihal administrasi berada dipusat kota yang kini menjadi rumah dinas Bupati Tasikmalaya. Jadi Pusat Pemerintahan berada di Sukaraja dan Afdeeiling Administratie berada dikota Tasikmalaya (Pendopo Lama).


Pemerintah Kerajaan meliputi cutak (wilayah) kekuasaan dari Parigi, Pagerbumi, Cijulang, Mandala, Kelapa Genep, Cipanaha, Lingga Sari, Cigugur, Parakan Tilu, Maroko, Parung, Karang, Bojongeureun, Suci; Panembong, Cisalak, Nagara, Cidamar, Saunggantang, Taraju, dan Malangbong dan terakhir di Limbangan. Daerah salawu tidak termasuk ke Sukapura, yang pada intinya wilayah semua kekuasaan Sukapura berada dari kota dan kabupaten.


Menurut penelusuran narasumber, sejak pemerintah negara Republik Indonesia merdeka pada tahun 1945, pemerintah Kerajaan Sukapura beralih nama menjadi pemerintah kabupaten Tasikmalaya dan jabatan Tumenggung Wiradana berubah menjadi Bupati.


Kesimpulan: sebaiknya Pendopo Lama diserahkan ke kota Tasikmalaya sebagai pusat/ bagian administrasi.***

Iwan Singadinata.

#pemerintahkabupatentasikmalaya

#pemerintahkotatasikmalaya

#dprdkabupatentasikmalaya

#dprdkotatasikmalaya

#kominfokabupatentasikmalaya

#kominfokotatasikmalaya

#humaskabupatentasikmalaya

#humaskotatasikmalaya

#semuamasyarakatkabupatendankotayasikmalaya

Komentar

Tampilkan

  • Menjelang Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya, Sebaiknya Pendopo Lama Diserahkan Ke Pemerintah Kota
  • 0

Terkini