-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Menjaga Kemesraan dan Keharmonisan Dalam Rumah Tangga

Senin, 12 Juni 2023, Senin, Juni 12, 2023 WIB Last Updated 2023-06-12T09:56:49Z

KABUPATEN TASIKMALAYA-Dalam membangun rumah tangga yang harmonis merupakan salah satu sunnatullah. Namun banyak sekali rumah tangga yang tidak bahagia disebabkan kurangnya pengetahuan pasangan suami istri tentang bagaimana membentuk suatu rumah tangga yang. sesuai dengan petunjuk Al-Qur’an. 


Sebagaimana diketahui, bahwa sesuatu hubungan yang didasari dengan pengertian, dalam suatu kepercayaan adalah merupakan sebuah kejujuran yang senantiasa akan langgeng, tentunya selalu mesra dan harmonis. Oleh karenanya,  saling mengerti dan memahami akan lebih baik lagi satu sama lain.


Dalam mewujudkan kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan komitmen kedua belah pihak dengan menjalankan hak dan kewajiban masing-masing sesuai kemampuan. 


Sebagai suami mejalankan kewajiban, tentunya sebagai suami sekaligus kepala rumah tangga dan istri.

Begitu pula menjalankan kewajibannya sebagai istri sekaligus ibu rumah tangga, sehingga akan tercipta suatu suasana yang harmonis jika semua kewajiban dapat dijalankan, tentu timbal baliknya, sehingga akan terlaksananya semua kewajiban, maka hak-hak sebagai suami atau sebagai istri akan terpenuhi dengan sendirinya, ketentraman (sakinah) yang berlandaskan rasa kasih sayang dalam menjalani bahtera rumah tangga mesra dan harmonis akan terpenuhi.


Sebagaimana Firman Allah SWT. dalam surat Ar Rum ayat 21 di atas pada kalimat وَ جَعَلَ بَیْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّ رَحْمَةًؕ dapat juga dimaknai bahwa seorang suami wajib memberikan cinta dan kasih sayang kepada istrinya yang terwujud dalam perlakuan dan perkataan yang mampu membuat rasa tenang dan nyaman bagi istri dalam menjalankan fungsinya sebagai istri sekaligus ibu rumah tangga. Adapun bentuk perlakuan tersebut bisa berupa perhatian, ketulusan, keromantisan, kemesraan, rayuan, senda gurau, dan seterusnya.


Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sudah berumah tangga maupun hubungan antar sesama. perwujudan kasih sayang yang mendalam.


Sedangkan yang dimaksud dengan keharmonisan adalah keserasian, keadaan yang selaras dalam kehidupan rumah tangga atau keluarga


Bilamana pasangan bergandengan tangan saat berjalan dalam moment apapun dan kapanpun akan membuat hubungan lebih langgeng. Olehkarena adanya sentuhan dan kemesraan ini bisa membuat pasangan merasa lebih dicintai dan dimiliki.**Iwan Singadinata

 

Komentar

Tampilkan

  • Menjaga Kemesraan dan Keharmonisan Dalam Rumah Tangga
  • 0

Terkini