-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

BLT DDS 2023, Desa Bonto Di salurkan 3 bulan Sekaligus, Berikut Kata Kades

Jumat, 07 April 2023, Jumat, April 07, 2023 WIB Last Updated 2023-04-07T13:38:50Z


Sinjai Tindak.Com
-Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2023, kembali dikucurkan Pemerintah Desa (Pemdes) Bonto, Kamis (06/04/2023)


Bertempat di aula Kantor Desa Bonto, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan


Kepala Desa Bonto, Sudirman,S.IP yang ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, "penyaluran BLT-DD tahun 2023 ini, serentak disalurkan tiga bulan (januari, februari dan maret) kepada 23 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tergolong kategori miskin ekstrim, berdasarkan aturan yang telah ditetapkan Pemerintah".


Dijelaskan, setiap KPM menerima Rp300 ribu perbulan. Sehingga untuk kesempatan ini mereka menerima Rp900 ribu per KPM.”Total BL DD untuk tiga bulan yang disalurkan berjumlah Rp 20.700.000.


Ia menambahkan, pada tahun 2022 lalu, penerima BLT-DD di Bonto sebanyak 96 KPM. Mengingat Peraturan Pemerintah terkait dengan kategori miskin ekstrim, maka dilakukan verifikasi data bersama kepala dusun, BPD, sehingga yang masuk kategori miskin ektrim berjumlah 23 KPM.


Dia menambahkan, penyaluran bantuan ini adalah bantuan langsung tunai dana desa kemiskinan ekstrem. BLT kemiskinan ekstrem adalah program pengganti BLT DD terdampak covid-19. Pemberian BLT desa tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga miskin ekstrem yang ada di tiga dusun .yakni, Dusun Kessi, Dusun Jira dan Dusun Bululohe.


Sebelumnya, Syahri selaku Pendamping Desa Lokal didampingi Wahyuniar dan Ramli menjelaskan, Warga miskin ekstrem adalah penduduk desa yang memiliki penghasilan di bawah 80 persen garis kemiskinan kabupaten/kota setempat sebagaimana dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS)


Selain itu, terdapat dua kategori warga miskin ektrem. Pertama, warga miskin ekstrem yang memiliki hampir seluruh kompleksitas multidimensi kemiskinan. Yaitu warga miskin ekstrem yang sekaligus memiliki ciri lansia, tinggal sendirian, tidak bekerja, difabel, memiliki penyakit kronis/menahun, rumah tidak layak huni, tidak memiliki fasilitas air bersih dan sanitasi yang memadai.


Hadir pada penyaluran BLT-DD, masing-masing kepala dusun, Ketua BPD Desa Bonto dan anggotanya, Babinsa Koramil 03 Sinjai Tengah,Pendamping Desa Lokal, serta penerima BLT-DD**MS.Mattoreang*

Komentar

Tampilkan

  • BLT DDS 2023, Desa Bonto Di salurkan 3 bulan Sekaligus, Berikut Kata Kades
  • 0

Terkini