-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Prajurit dan Pns Kodim 0612/Tasikmalaya Korem 062/Tn Ikuti Sosialisasi Penyuluhan Kesehatan Tentang Penyakit Hipertensi, Penyakit Jantung, Dan Stroke

Senin, 06 Maret 2023, Senin, Maret 06, 2023 WIB Last Updated 2023-03-06T04:03:23Z


Tasikmalaya,tindakmedia.com–
Guna mengeliminir  korban Prajurit yang meninggal akibat sakit jantung, stroke dan hipertensi,  Kodim 0612/Tasikmalaya mengikuti dan menggelar kegiatan Sosilasasi/penyuluhan kesehatan dan perilaku hidup sehat bagi prajurit dan PNS di Aula Makodim 0612/Tasikmalaya Jalan Otista No 11 EmpangSari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya Jawa Barat , Senin (06/03/2023).

Kegiatan Sosialisasi kesehatan ini membahas tentang Penanganan Serangan Jantung dan Penyakit Lainnya dan dibuka oleh Kasdim 0612/Tasikmalaya Mayor Inf Deni Zenal Mutaqin S .Sos dengan nara Sumber PNS Dewi Yuliana  S.kep.NERS Personil Dari Denkesyah 030402 Garut


Dalam sambutannya, Kasdim 0612/Tasikmalaya Mayor inf Deni menyampaikan, Penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi setelah stroke. Bagi para penderita penyakit jantung, kecepatan penanganan adalah hal krusial. Kepadatan pasien yang dialami masyarakat, khususnya Prajurit TNI dan PNS di lingkungan Kodim 0612/Tasikmalaya turut berpengaruh terhadap kecepatan dalam penanganan penyakit jantung,”tuturnya.


“Maka dari itu saya mengharapkan agar kegiatan sosialisasi ini di perhatikan oleh seluruh jajaran personil  yang saat ini mengikuti penyuluhan ini. Apabila ada yang ingin ditanyakan tentang pencegahan atau penangan penyakit lain silahkan ditanyakan kepada pemateri,”ujar Kasdim


Sementara itu, PNS Dewi Yuliana S.kep.NERS menjelaskan, “Jantung Koroner adalah kondisi ketika pembuluh darah utama yang memberi pasokan darah, oksigen, dan nutrisi untuk jantung menjadi rusak. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh plak kolesterol dan proses peradangan.


Untuk deteksi sakit Jantung Koroner ada beberapa tanda-tandanya seperti Nyeri dibagian dada kiri, Nyeri pada lengan bahu, punggung dan rahang, sulit bernafas, pusing dan berkeringat dingin, mual muntah, Merasa sangat lelah, “terangnya.


“Lanjut Dokter Dewi, Untuk pencegahan penyakit Jantung Koroner dapat dicegah dengan menjalani pola hidup sehat, seperti berhenti merokok dan membatasi konsumsi alkohol. selain itu, kelola stres dengan baik, misalnya dengan melakukan relaksasi otot atau latihan pernapasan dalam,”jelasnya.


Sementara itu, Kasdim 0612/Tasikmalaya  pada kesempatan sesi tanya jawab, mengucapkan terimakasih kepada Dandeskesyah Garut  atas penyelenggaraan kegiatan sosialisasi kesehatan penanganan serangan jantung dan penyakit lainnya.


Kasdim mengatakan kegiatan ini sangat penting, karena fakta dan berdasarkan data banyak sekali prajurit-prajurit kita yang sakit dan meninggal karena faktor kesehatan yang tidak baik seperti jantung, stroke dan hipertensi.


Disamping itu Pasi Pers Kodim 0612/Tsm Lettu inf Mirhamdi memberikan saran agar dilaksanakan kegiatan pengecekan medical checkup bagi personil Kodim Tasikmalaya. Terutama terkait  penanganan serangan jantung dan pola hidup sehat bagi prajurit,  dan untuk menjadi panduan bagi Prajurit dalam menerapkan pola hidup sehat, “pintanya.


“Melalui penyuluhan kesehatan seperti ini, diharapkan prajurit, PNS dan Persit KCK khususnya jajaran Kodim 0612/Tasikmalaya  lebih sadar akan pentingnya pola hidup sehat, “pungkasnya.


Turut hadir pada kegiatan sosialisasi kesehatan tersebut, Dandim 0612/Tasikmalaya yang diwakili oleh Kasdim 0612/Tasikmalaya Mayor inf Deni Zenal Mutaqin S.Sos, Pasi Intel Kapten inf Herlan Ramdani, Pasi Ops Kapten Chb Agus Pasi Pers Kodim 0612/Tasikmalaya lettu inf Mirhamdi, Pasi Log Kapten inf Yusra, Ketua Persit KCK Ny. Denna Raden Henra beserta pengurus Persit KCK Cab XXIII Kodim 0612 Tasikmalaya Koorcab Korem 062 PD III/Siliwangi dan seluruh anggota Makodim 0612/Tasikmalaya Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS.***daudi

Komentar

Tampilkan

  • Prajurit dan Pns Kodim 0612/Tasikmalaya Korem 062/Tn Ikuti Sosialisasi Penyuluhan Kesehatan Tentang Penyakit Hipertensi, Penyakit Jantung, Dan Stroke
  • 0

Terkini