-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Maksimalkan Dana Desa 2023, Pemdes Buniasih Bangun TPT Rawan Longsor

Tindak Online
Senin, 06 Maret 2023, Senin, Maret 06, 2023 WIB Last Updated 2023-03-08T00:25:52Z
Egi (berdiri) Kepala Desa Buniasih Kecamatan Kadipaten

MEDIATINDAK.COM, Tasikmalaya - Pemerintah Desa Buniasih, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya memanfaatkan Dana Desa (DD) tahun 2023 tahap pertama untuk Pembangunan Jenis Talud Penahan Tanah (TPT) di Dusun Nagreg.


Kepala Desa Buniasih, Egi menjelaskan, kegiatan pembangunan TPT ini dilaksanakan pasca jalur tersebut rawan longsor, sehingga Pemerintah Desa Buniasih memprioritaskan TPT penghubung antar Dusun  yang selalu digunakan masyarakat dalam kesehariannya.

Terkait pembangunan TPT tersebut, Egi kepada Tindak menjelaskan, Senin (06/03/23) bahwa pembangunan TPT tersebut sangat urgen mengingat wilayah tersebut sangat rawan longsor karena kontur tanah dengan kemiringan yang sangat tinggi.


“Masih banyak yang harus kita bangun TPT mengingat wilayah yang tidak rata, dan curah hujan yang cukup tinggi,” imbuh Egi


“Ini juga untuk mencapai tujuan mensejahterakan masyarakat. Oleh sebab itulah Pemerintah Desa Buniasih memanfaatkan dana dari Pemerintah ini dengan maksimal untuk kepentingan masyarakat,” ucapnya.


Selain berfungsi sebagai penahan tanah dari ancaman longsor, TPT tersebut juga memiliki fungsi sebagai penunjang jalan lingkungan yang berada diatasnya agar tidak amblas sewaktu-waktu. Terlebih lagi jalan lingkungan tersebut memiliki fungsi yang sangat vital bagi warga sekitar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.


Lanjut Egi "berlangsungnya program ini dikerjakakan secara Padat Karya Tunai Desa atau secara swakelola. Sedangkan sumber dana yang digunakan berasal dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023 tahap pertama."pungkasnya.


Terpantau juga oleh Tindak pembangunan TPT tersebut di awasi oleh Babinsa desa Buniasih Sertu Joni Junaedi, bukan hanya mengawasi pembangunan TPT, Sertu Joni pun tidak sungkan untuk ikut membantu warga dalam pembungunan TPT tersebut.


Lebih lanjut di katakan Sertu Joni,  bahwa pembangunan ini sangat bermanfaat. Karena dengan keadaan tebing yang tinggi dikhawatirkan longsor bisa terjadi dan mengakibatkan terputusnya jalan penghubung dusun, dan ini merupakan salah satu manfat Dana Desa yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Desa Buniasih pada umumnya.


"Karena dengan dibangunnya TPT ini, jalan menuju pemukiman masyarakat jadi bagus dan mempermudah akses warga, Semoga kedepan Desa Buniasih semakin maju dan rakyatnya sejahtera, dengan di glontorkan Dana Desa oleh Pemerintah Pusat, " pungkasnya. (Red-Dad)

Komentar

Tampilkan

  • Maksimalkan Dana Desa 2023, Pemdes Buniasih Bangun TPT Rawan Longsor
  • 0

Terkini