-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

P3A MENJADI PERAN PENTING DALAM MENG OPTIMALKAN AIR IRIGASI

Tindak Online
Senin, 12 September 2022, Senin, September 12, 2022 WIB Last Updated 2022-09-12T01:48:40Z
MEDIATINDAK.COM, Tasik - Air menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan.penyediaan air irigasi yang terjamin bisa di upayakan melalui peran serta P3A(Perkumpulan Petani Pemakai Air).


P3A mengelola atau memelihara jaringan irigasi dan mencari solusi lebih mandiri terhadap persoalan yang ber urusan dengan kelancaran air untuk ber kelangsungan dalam bercocok tanam terutama tanaman padi.

Pemerintah berbagai upaya telah di melakukan untuk mendongkrak peningkatan produksi pangan secara singnifikan .


untuk saat ini penyediaan sarana dan prasarana dalam pertanian yang lebih memadai lebih fokus ke peningkatan produksi pangan diantara nya melalui pembangunan awal atau rehabilitasi jaringan irigasi.seperti hal nya yang sudah terlaksana di salah satu Desa Cisaruni Kampung Madapada.


H.Oleh Abudin ketua P3A Cintapada merasa bersyukur dengan adanya kucuran Dana untuk proyek irigasi ataupun untuk rehabilitasi karena sangat terasa oleh petani pemakai air yang membutuhkan air terutama untuk pemilik sawah atau penggarap sawah.


H .Oleh abudin menuturkan kepada awak media tindak 3-9-2022 ,beliau sejak tahun 2017 menjadi ketua P3A dan sudah 6 kali mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).diantara nya 

Mitra Air tarunggul ,di wilayah Desa Cisaruni ,Daerah irigasi Bayongbong ,Daerah irigasi Ciasa ,Daerah irigasi Cikunten,Desa Cisaruni Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya.


Program tersebut sangat sangat bermanfaat karena bisa meng airi beberapa ratusan hektar lahan terutama petani penanam padi .dan bisa meningkatkan hasil panen yang sangat menggembirakan untuk petani yang bertanam padi.waktu sebelum ada program (P3-TGAI) petani yang ada di wilayah Tarunggul,Bayongbong,Ciasa,Cikunten,dalam 1 tahun cuman bisa memanen padi cuman 1 kali dalam 1 tahun,setelah adanya program tersebut ber angsur naik menjadi 2x setahun bahkan sekarang bisa panen padi 3x dalam setahun.


H.oleh abudin sangat berterima kasih kepada pemerintah yang sudah menggelontorkan Dana untuk program (P3-TGAI ).bahkan tahun 2022 ketua P3A H.oleh abudin mendapat Dana dari pemerintah untuk pemeliharaan salah satu irigasi yang berada diwilayah Desa Cisaruni.


H.oleh Abudin mengajak kepada warga masyarakat yang menggunakan Air di wilayah nya supaya sama sama memelihara saluran irigasi agar terhindar dari sampah sampah yang bisa menghambat jalan nya air dan bisa membikin tersendat nya air ke sawah sawah pertanian yang berada di wilayah nya.***jajang

Komentar

Tampilkan

  • P3A MENJADI PERAN PENTING DALAM MENG OPTIMALKAN AIR IRIGASI
  • 0

Terkini