-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Irigasi Sarana Pokok Dalam Pertanian

Senin, 22 Agustus 2022, Senin, Agustus 22, 2022 WIB Last Updated 2022-08-21T19:07:41Z


MEDIATINDAK.COM
- Penyediaan Air Irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci pendukung peningkatan produksi pangan. Terjaminnya penyediaan air bisa di upayakan melalui pranserta P3A atau perkumpulan petani pemakai air.


P3A harus bisa mengelola memelihara jaringan irigasi dan mencari solusi secara mandiri terhadap persoalan menyangkut air yang muncul di tingkat usaha tani.


P3A harus bisa memperlancar jalan nya air untuk memenuhi kebutuhan petani terutama dalam menanam padi, air adalah salah satu kebutuhan pokok di dalam pertanian tanaman padi.


begitu pula dengan pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi yang sudah di laksanakan mampu memberikan konstribusi untuk perluasan area tanaman yang terairi .


P3A merupakan salah satu lembaga atau kelompok petani di pedesaan yang handal dan berperan penting dalam pengelolaan, pemanfaatan dan pemeliharaan air irigasi.


lembaga P3A secara khusus mewadahi para petani yang terkait dengan tata kelola air sekaligus sebagai pengelolaan sumber daya air lain nya. Penting nya peran P3A di sebutkan dalam undang undang nomer 7 tahun 2004 dimana petani di beri wewenang dan tanggung jawab pemeliharaan di tingkat usaha tani.


Seperti yang sudah dijalankan oleh ketua pelaksana P3A.H.Oleh di Kampung Manapada, Desa Cisaruni, Kecamatan Pada kembang. Sekarang sedang ada pemeliharaan di kawasan irigasi dengan panjang 285 meter dan besar anggaran 150 juta.


H.Oleh sebagai ketua kelompok P3A sangat berterima kasih kepada pemerintah yang sudah menggelontor kan dana untuk pemeliharaan jaringan irigasi yang berada di Manapada, H.Oleh menuturkan kepada media tindak semenjak menjadi ketua P3A sudah 6 kali ada bantuan dari pemerintah untuk sarana dan prasarana P3A .


Dengan adanya pemeliharaan H.Oleh merasa gembira karena jalan nya air lancar dan tidak terbuang kemana mana .***Jajang H.

Komentar

Tampilkan

  • Irigasi Sarana Pokok Dalam Pertanian
  • 0

Terkini