-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Disinyalir Ada Mark Up Anggaran Dana Desa Untuk Pengaspalan Jalan

Jumat, 01 Juli 2022, Jumat, Juli 01, 2022 WIB Last Updated 2022-07-01T10:28:39Z

Garut, mediatindak.com-Berdasarkan informasi, bahwa di wilayah Tajur Sela Dusun 1 Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Garut, ada kegiatan pembangunan infrastruktur pengaspalan jalan dengan sumber dananya adalah Dana Desa Tahun Anggaran 2022 yang diduga di Mark Up.


Akhirnya pada Kamis (30/06/2022), awak media pun langsung terjun ke lapangan. Sayang nya sewaktu tiba di lokasi, tidak terlihat papan transparansi publik berupa banner terpangpang pada kegiatan pembangunan tersebut. Hal itu bikin penasaran awak media untuk segera mengkonfirmasi langsung kepada Kepala Desa Sukamenak. Akan tetapi ketika Kepala Desa Sukamenak memberi keterangan malah memberikan keterangan yang tidak benar, bertolak belakang dengan fakta lapangan.

Sewaktu dikonfirmasi, Kepala Desa Sukamenak menyampaikan, pengaspalan sepanjang 315 m, lebar 3 m, tinggi 3 cm yang terletak di Kampung Tajur Sela Dusun 1 Desa Sukamenak Wanaraja Garut. “Itu menggunakan anggaran dari IP sebesar 105 juta rupiah, sudah sesuai dengan RAB, maupun speknya. Dan sudah berikan kepada pihak ketiga,” tegas Usin Kepala Desa Sukamenak.


Ternyata apa yang dikatakan Kades Sukamenak itu, benar-benar tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Diantaranya terbukti dari pengerjaan pengaspalan tingginya hanya 1 cm, bukan 3 cm.


Apalagi, ketika awak media mempertanyakan banner/papan informasi keterbukaan publik, ternyata banner/papan informasi keterbukaan publik masih tersimpan didalam laci perangkat desa.


Dengan adanya keganjilan tersebut, awak media kembali bertanya: “Kenapa ini tidak dipasang?”. Salah seorang perangkat desa menjawab: “Takut hilang, nanti robek,” timbal perangkat desa berinisial M.


Begitu diperlihatkan Banner informasi itu kepada awak media, seraya meminta izin untuk difotonya. Ternyata ada fakta mengejutkan. Soalnya apa yang dijelaskan Kades Sukamenak sewaktu dikonfirmasi terkait dengan pengaspalan pembangunan jalan di Tajur Sela Dusun 1(satu), tidak sesuai dengan papan informasi, malah memberikan keterangan yang tidak benar, alias palsu.


Sewaktu dikonfirmasi, Osin, Kades Sukamenak menyampaikan dengan ekspresi serius, bahwa pembangunan tersebut sudah diserahkan ke pihak ketiga sebesar 105 juta rupiah. “Pelaksanaan kerjanya, sudah sesuai dengan RAB, atau speknya,” ujar Kades Sukamenak.


Sedangkan pada papan informasi berupa banner, nampak jelas tertera tulisan: PEMERINTAH KABUPATEN GARUT, KECAMATAN WANARAJA, DESA SUKAMENAK.


Bidang Pelaksana Pembangunan Desa, Sub Bidang Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Jenis Kegiatan: Pembangunan/rehabilitas/peningkatan/Pengerasan Jalan Desa, Volume: 315 m, Lokasi: Kp. Tajur Sela Dusun 1, Total Biaya : Rp.140.000.908.000,- sudah termasuk PPh dan PPN, sumber dana: Dana Desa Tahun Anggaran 2022, TPK Desa Sukamenak.


Tentunya pernyataan Kepala Desa Sukamenak itu patut dipertanyakan. Jangan-jangan, atau sepertinya disinyalir ada mark up anggaran. Pasalnya saat dikonfirmasi awak media, keterangan Kades Sukamenak bertolak belakang dengan fakta di lapangan mengenai kegiatan pembangunan infrastruktur pengaspalan jalan dengan sumber dananya adalah Dana Desa Tahun 2022*** Dede saliman

Komentar

Tampilkan

  • Disinyalir Ada Mark Up Anggaran Dana Desa Untuk Pengaspalan Jalan
  • 0

Terkini