-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

BUDIDAYA IKAN LELE RAUP UNTUNG YANG CUKUP MENGGIUR KAN

Tindak Online
Senin, 04 Oktober 2021, Senin, Oktober 04, 2021 WIB Last Updated 2021-10-04T04:29:21Z

Ciamis, mediatindak.com - Sosok H.Aan Suryana yang tak asing lagi di telinga kita, dia adalah sekretaris Desa di Kantor Pemerintahan Desa Awiluar kecamatan Lumbung kabupaten Ciamis.


H.Aan Suryana bapak Penggerak di Kelompok Barle Farm, bergerak di Budidaya ikan Lele, yang berjalan dari awal bulan juni 2021, yang di Ketuai : Ade Faisal, Sekretaris Dina Munawar, Bendahara Yuyus dan Pelindung Nana Suryana. 


H.Aan Suryana terinspirasi menggerakan Muda mudi nya untuk membudidaya kan Pembibitan ikan Lele itu, melihat tak sedikit di daerah lain yang sudah berjalan dan sukses, juga terdorong ada nya bantuan Modal dari UPK kecamatan Lumbung, ďi samping modal kelompok, dan bisa membuat beberapa kolam pembibitan, dan Puluhan Induk Ikan Lele Jantan dan Betina Kwalitas unggul, hingga Aan suryana mencoba nya untuk membudidayakan ikan lele tersebut.


Sementara istri nya Elin Herlina adalah ketua kelompok Kadubengkung Tujuh belas, Sekretaris  Ah Syariah, Bendahara Lela Laelatul Anbia, dan Anggota Nining, Ida K, Dadah Faridah dan Hj Dedeh.


Dengan ada nya Budidaya ikan lele tersebut, kelompok Kadubengkung tujuh belas  ikut bergabung juga. Saat di temui di kediaman nya, Àan suryana yang di dampingi istri nya menjawab pertanyaan yang di lontarkan Awak media, dia mengatakan "dalam mengembangkan usaha budidaya ikan Lele ini, saya bersama rekan harus rajin memeriksa kolam, memberikan pakan, juga pengairan nya agar bisa memanen bibit ikan lele tersebut hasil nya baik, yang beberapa minggu ke belakang sudah terbukti Kelompok Barle Farm sudah memanen puluhan ribu bibit ikan lele tersebut dari berbagai ukuran mulai dari ukuran terkecil hingga yang agak besar yang sudah habis terjual, yang cukup lumayan hasil nya. Jadi kelompok kami dalam membudidayakan ikan Lele ini khusus pembibitan untuk di besar kan lagi," Terangnya.


Aan Suryana juga menjelaskan "ada 35 kelompok usaha di Desa Awiluar ini yang bergerak di bidang olahan makanan ringan dan cemilan lain nya. Semua kelompok usaha tersebut dapat modal simpan Pinjam dari UPK Kecamatan Lumbung," tandas nya.


Kami juga dari awak media patut memberikan apresiasi kepada Aan Suryana, walau dia seorang sekretaris Desa bisa meluang kan waktu nya, sebelum berangkat kerja dan pada hari libur, bisa menggerakan muda mudi nya agar bisa usaha budidaya ikan lele ini bisa sukses. 

Reporter : D. Setiadi




Komentar

Tampilkan

  • BUDIDAYA IKAN LELE RAUP UNTUNG YANG CUKUP MENGGIUR KAN
  • 0

Terkini