-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sejarah Singkat Hingga Kemajuan Desa Leuwikujang Kecamatan Leuwimunding

Selasa, 14 September 2021, Selasa, September 14, 2021 WIB Last Updated 2021-09-14T22:29:01Z


Kutipan sejarah singkat yang diceritakan oleh seorang sesepuh atau Tokoh Masyarakat Desa Leuwikujang, kecamatan Leuwimunding, kabupaten Majalengka, yang bernama Bapak Lebe Zaenudin (Almarhum) semasa hidupnya, bahwa pada Abad ke 17 ada pedukuhan atau perkampungan kecil dibawah kaki Gunung, sebut saja Dukuh Libadak yang merupakan cikal bakal terbentuknya Desa LEUWIKUJANG yang saat itu merupakan wilayah bagian dari kekuasaan kerajaan Islam Cirebon.

Seiring perkembangan penduduk Dukuh tersebut, telah memenuhi syarat untuk dibentuk Desa salah satu syarat diantaranya harus ada Balai Pertemuan atau tempat musyawarah dan Masjid untuk sarana Ibadah. Saat itu yang menjadi kepala kampung atau yang di pertuakan adalah, KI BUYUT SANGGAN.


Ketika Ki Buyut Sanggan turun Gunung hendak mencari tempat untuk membangun Balai Desa dan Masjid, saat melintasi sungai Ciwaringin di waktu malam hari melihat secercah Cahaya yang keluar dari sebilah KERIS PUSAKA KUJANG dan disekitar tempat itu Ki Buyut Sanggan membangun Balai Desa dan disampingnya dibangun Masjid hingga wilayah tersebut diberi Nama DESA LEUWIKUJANG yang artinya Leuwi adalah bagian dari sungai yang dalam dan Kujang adalah Pusaka dijaman Kerajaan Pajajaran yang memiliki keistimewaan sangat luar biasa.


Seiring perputaran masa dari waktu ke waktu, hingga sekarang keberadaan Desa Leuwikujang yang sekarang dipimpin oleh kepala desa atau lebih lekat dipanggil Kuwu, H.Juhaeni, yang sudah menginjak Dua Periode , tampak desa tersebut semakin berkembang cukup signifikan. Dimana sejumlah pembangunan Infrastruktur jalan warga dan Infrastruktur pertanian serta pembangunan lainnya sudah terbangun yang didanai pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten majalengka.


Selain itu juga, Desa Leuwikujang memiliki sebuah lokasi wisata Alam salah satu diantaranya, Taman Wisata Alam Cadas Gantung, Bukit SHANGIANG DORA (Situ Cibaringkeng) yang memiliki Panorama alam yang indah serta suasana udaranya Sangat sejuk. Oleh karena itu, lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari wilayah Majalengka maupun luar Majalengka merupakan Icon Wisata kebanggaan Masyarakat Desa lewikujang dan tentunya akan menjadikan pendapatan Desa (PADes).***(Yan.s)

Komentar

Tampilkan

  • Sejarah Singkat Hingga Kemajuan Desa Leuwikujang Kecamatan Leuwimunding
  • 0

Terkini