-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

POLDA JABAR UNGKAP ADA 35 PEMESAN SERTIFIKAT VAKSIN ILEGAL TANPA DISUNTIK.

Rabu, 15 September 2021, Rabu, September 15, 2021 WIB Last Updated 2021-09-15T15:29:22Z

Poda Jabar.mediatindak.com-Dit Reskrimsus Polda Jabar berhasil membongkar praktik penerbitan sertifikat vaksin secara ilegal sebanyak 35 orang pemesan atau pemilik sertifikat vaksin tanpa divaksinasi berkeliaran.


Kasus ini dibongkar oleh Subdit 1 Direktorat Reserse Kriminal khusus Polda Jabar yang dipimpin langsung kasubdit 1 AKBP Andri Agustian. Ada dua perkara dengan modus yang sama.


" Untuk yang TKP pertama ada 9 sertifikat vaksin (yang diterbitkan ) kemudian TKP 2, ada 26 sertifikat vaksin yang sudah dijual, " ujar Direktur Reserse Kriminal khusus Polda Jabar Kombes Arif Rachman di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno - Hatta, Kota Bandung, Selasa, (14/09/2021)


Dirkrimsus Polda Jabar menuturkan Sertifikat Vaksin Ilegal ini diterbitkan dan dijual oleh empat orang Sindikat yaitu JR, IF, MY, dan HHb berperan memasarkan melalui Media Sosial.


JR dan JF diketahui melakukan penerbitan itu saat bertugas menjadi relawan Vaksinasi, dia menginvut data pemesan secara ilegal hingga sertifikat vaksin terbit yang bisa digunakan pada aplikasi Peduli, Lindungi.


Terkait tindak lanjut warga yang kadung memesan sertifikat vaksin ilegal tersebut. Dirkrimsus Polda Jabar mengatakan pihaknya akan menyerahkan ke kementerian Kesehatan.

"Tindakan kami akan kejar karena ini sindikasi, Kami Sudah konsultasikan dengan Kemenkes untuk mereview ulang sertifikat  ( Yang sudah terbit) apakah bisa dibatalkan atau bagaimana," tuturnya.


" Sudah diskusi kita bagaimana di Blocking atau take down, datanya kami serahkan kata Diskrimsus Polda Jabar menambahkan. 


Sementara itu kepala pusat data dan informasi  kementrian kesehatan Anas Ma'ruf mengatakan pihaknya akan menunggu  data pemesan sertifikat ilegal tersebut dari penyidik.                            


"Jadi nanti dari kepolisian akan sampaikan datanya ke kami kemudian akan dilakukan langkah lebih lanjut, Sertifikat adalah buatan jadi secara otomatis data akan mendapatkan Sertifikat," ujarnya.***Dudi Daudi

Komentar

Tampilkan

  • POLDA JABAR UNGKAP ADA 35 PEMESAN SERTIFIKAT VAKSIN ILEGAL TANPA DISUNTIK.
  • 0

Terkini