-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Tunanetra dan Fakir Miskin di Samaturue 5 Bulan Tak Terima BPNT Ada Apa dengan Dinsos?

Rabu, 05 Mei 2021, Rabu, Mei 05, 2021 WIB Last Updated 2021-05-04T22:02:26Z

Sinjai,Media TINDAK.com----- Sesuai amanat Undang-Undang Dasar tahun 1945 pasal 34 ayat (1) menyebutkan bahwa fakir miskin dan anak terlantar di pelihara oleh negara. Di pasal 27ayat (2) menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara  berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.


Namun hari ini masih ada juga yang belum mendapatkan hak nya sesuai UUD yang di maksud. Akibat tidak adanya kepedulian dan tindakan serius dari pemerintah dan dinas terkait. Mereka bisa saja bermetamorfosis menjadi gelandangan, pengemis,pengamen dan bahkan menjadi anak jalanan .


Begitu pula yang terjadi pada keluarga Bambe (penyandang tuna netra ) yang berdomisili di Dusun Balampesoang Rilau, Desa Samaturue, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Minggu, (02/05)2021).


Saat di temui di rumahnya, Bambe mengaku sudah masuk lima bulan  tidak menerima bantuan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), namun sebelumnya  menerima 

"Iye satu ke syukuran buat saya  karena warga (tetangga) di sekitar berbaik hati setelah panen padi mereka membawakan beras untuk saya," ucap Bambe


 Hasil pantauan media di lapangan, Bambe bersama ibunya yang sudah rentang, tinggal di sebuah gubuk yang jauh dari kata layak.  Menurut keterangan kerabatnya, rumah yang ia tempati tidak lain merupakan pemberian dari saudaranya yang sudah pindah ke luar daerah.


Kepala Desa Samaturue, Palewai S.E , pada saat di konfirmasi terkait permasalahan ini, mengatakan bahwa sebelumnya pemerintah Desa mau masukkan, Bambe sebagai penerima BLT (Bantuan Langsung Tunai. Namun saya konfirmasi ke TKSK Kecamatan Tellulimpoe, Pak sanu, mengatakan bahwa datanya sudah saya kirim ke pusat untuk menerima BPNT. Jadi sesuai kesepakatan, kami  membatalkanya karena jangan sampai double dan itu melanggar aturan yang ada," ujarnya.


"Namun begitu saya berinisiatif bersama teman aparat untuk membantu meringankan beban mereka," tambahnya.


Terpisah, Norma, Korda BPNT yang dikonformasi via Whatsapp merespon dan mengatakan bahwa "kalau data sudah di perbaiki pak, sisa menunggu daftar penerima lagi dan tetap melihat kuota kabupaten tapi kalau sudah full, sabar lagi sampai ada tambahan kuota," katanya.


"Dan memang ada didata penghapusan di pusat karna NIK tidak valid dan sekitar 707 KPM dari Kec. Tellulimpoe yang terhapus, Tapi kalau sampai.penghujung bulan Mei tidak ada namanya ,tabe Kalau bisa di  usulkan masuk sebagai penerima  BLT karena kami tidak bisa menjamin kapang mereka bisa menerima BPNT lagi, kuncinya **M.Said Mattoreang*

Komentar

Tampilkan

  • Tunanetra dan Fakir Miskin di Samaturue 5 Bulan Tak Terima BPNT Ada Apa dengan Dinsos?
  • 0

Terkini