-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Guru Kunci Utama Mutu Pendidikan Nasional

Tindak Online
Minggu, 29 September 2019, Minggu, September 29, 2019 WIB Last Updated 2020-03-24T05:46:49Z
Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan, 62 Kepala Sekolah SD dan SMP Ikuti BIMTEK SPMI Di Tasikmalaya Utara


Tasikmalaya, TINDAK MEDIA.COM------
62 Sekolah SDN dan SMP, yang diwakili oleh para Kepala Sekolah nya masing masing, mengikuti BIMTEK Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), yang diselenggarakan di lnduk Kluster TPK SDN 1 Pagerageung, desa Pagerageung, Kecamatan Pagerageung.

Peserta BIMTEK SPMI yang berasal dari Kecamatan Sukaratu, Cisayong, Jamanis, Ciawi, Sukaresik, Pagerageung, dan Kadipaten itu terdiri dari 20 tingkat SMP dan 42 dari tingkat Sekolah Dasar. Selama empat hari, mulai dari tanggal 10 s/d 13 September 2019, para Kepala Sekolah itu disuguhi materi oleh Fasilitator Daerah, tentang Sistem Penjamin Mutu lnternal, dalam kerangka untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah masing masing.

SPMI sendiri diselenggarakan oleh Peduli Mutu Pendidikan Nasional (PMPN) sebagai akselerasi pemerintah dalam rangka meningkatkan proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah yang bermutu dan berdaya saing dengan bangsa lain ditengah pergaulan dunia.

Menurut Kepala Sekolah SDN 1 Pagerageung, Halim,S.Pd, sebagai peserta Bimtek SPMI, bahwa maju mundurnya nilai akademik anak didik di Sekolah, tergantung kepada guru pengajar. Jadi guru harus bertanggungjawab terhadap kemajuan siswa di Sekolah. Begitu pula sarana prasarana dan penunjang lainnya tak dapat dipisahkan dalam proses peningkatan mutu pendidikan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa penjaminan mutu pendidikan harus mengacu pada Standar Nasional Pendidikan(SNP) yang mencakup delapan butir yaitu; Standar isi, Standar Kompetensi Kelulusan, standar proses, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian, dan standar pendidik dan tenaga kependidikan.

Dari 62 peserta SPMI, media TINDAK hanya berhasil mencatat beberapa SDN yang tersebar di Tasikmalaya Utara, diantaranya saja dari UPT Pendidikan Pagerageung yaitu SDN 1 Pagerageung, SDN Nanggewer, SDN Cidahu, SDN Sukapada, SDN Sukawinaya, SDN Rusdayasa, SDN dan Pagersari.

Dari UPT Pendidikan Kadipaten yaitu SDN Sukamulih, SDN Kurnia Jaya, SDN Balapulang, SDN Neglasari, SDN 1 Dirgahayu, SDN 2 Dirgahayu, dan SDN Trowek. Sedangkan SMP nya yaitu SMP 1 Kadipaten, SMPN 2 Kadipaten, SMP Satap 1 Kadipaten, SMP Satap 2 Kadipaten, dan SMP Miftah Hul Ulum.***TIME
Komentar

Tampilkan

  • Guru Kunci Utama Mutu Pendidikan Nasional
  • 0

Terkini